Lembaga
Pendidikan Tinggi
                        
Biaya kuliah       |       Syarat & prosedur       |       Pendaftaran       |       Daftar lembaga

 

 

LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi di Jepang pada umumnya dilakukan dalam Bahasa Jepang dan sedikit sekali lembaga yang memberikan perkuliahannya dalam Bahasa Inggris.Agar bisa mengikuti perkuliahan di Jepang diperlukan kemampuan bahasa Jepang kira-kira level 1 atau dalam ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ). Level ini bisa dicapai bagi mereka yang sudah belajar bahasa Jepang selama lebih dari 600 - 900 jam. Apabila belajar di Jepang diperlukan waktu selama 1 - 2 tahun untuk mencapai level ini. Sedangkan apabila belajar di negara asal walaupun kemampuan masing-masing berbeda-beda maka diperlukan beberapa tahun untuk bisa mencapai level ini.  Untuk melihat lembaga pendidikan tinggi yang memberikan perkuliahan dalam Bahasa Inggris bisa dilihat di kantor JASSO - JEIC Jakarta.



RATA-RATA BIAYA KULIAH TAHUN PERTAMA

Sumber : Japanese Language Institute in Japan 2008 Association for the Promotion Of Japanese Language Education.

Biaya kuliah untuk tahun pertama meliputi uang masuk (hanya dibayar pada tahun ke-1), biaya kuliah, uang penggunaan fasilitas, peralatan dsb.

Lama Kursus
¥
US$
Program 1 tahun  415,000 – 997,400 3,773 – 9,068
Program 1,5 tahun 980,400 – 1,1426,100 8,913 – 12,965
Program 2 tahun 1,270,200 – 1,940,000 11,547 – 17,637

1 US = 110 Yen

Lembaga pendidikan untuk belajar Bahasa Jepang dibagi berdasarkan pendiri, tujuan program, status izin tinggal di Jepang, jumlah lembaga dan jumlah siswanya adalah sebagai berikut :

1. Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang
Lembaga pendidikan Bahasa Jepang didirikan oleh badan hukum pendidikan(Specialized Training College, berbagai sekolah lain), badan hukum publik, perusahaan (PT), instansi terdaftar lain maupun pribadi. 

Bertujuan untuk belajar bahasa jepang secara umum atau belajar bahasa jepang untuk studi lanjut. Jumlah lembaga saat ini ada 387 lembaga. Lama belajar dari 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 1,5 tahun dan 2 tahun. Jumlah siswa siswa asing yang sedang belajar di Lembaha Pendidikan Bahasa Jepang saat ini ada 30,607 orang. 

Mengenai status izin tinggal, siswa yang belajar di Professional Training College (Senmongakko) akan diberi status izin tinggal sebagai "College Student" (Ryuugaku). Dan mahasiswa yang belajar di lembaga selain Professional Training College, akan mendapat status izin tinggal "Pre-College Student" (Shuugaku).

2.Program Bahasa Jepang untuk mahasiswa asing di universitas swasta
Program ini disebut juga program Bekka.Merupakan program khusus pengajaran bahasa jepang untuk mahasiswa asing di universitas swasta atau junior college ,merupakan program reguler bagi mahasiswa asing yang ingin mempelajari bahasa, kebudayaan dan kejepangan atau sebagai program persiapan masuk ke universitas. Didirikan oleh Universitas swasta atau junior college. 

Mahasiswa asing program Bekka bisa memanfaatkan prosedur rekomendasi dari universitas tsb (bila ada) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bisa pula mengikuti ujian masuk di universitas yang dituju. Disamping itu juga bisa memanfaatkan fasilitas kampus, fasilitas asrama dll.

Jumlah lembaga saat ini ada 68 lembaga. Jumlah siswa saat ini kira-kira 4,400 orang.Status izin tinggal siswa di program ini adalah College Student (Ryugaku).

3. Jurusan kejepangan di Junior College, Universitas dan Program Pasca Sarjana.
Didirikan oleh Universitas negeri, lokal publik atau swasta dengan tujuan untuk mendapatkan gelar. Jumlah lembaga ada 148 dengan lama program dari 2-5 tahun. Status izin tinggal mahasiswa yang belajar di program kejepangan ini adalah College Student (Ryuugaku).

top


SYARAT DAN PROSEDUR MASUK LEMBAGA PENDIDIKAN

Syarat untuk masuk lembaga pendidikan Bahasa Jepang secara umum adalah telah menyelesaikan 12 tahun masa pendidikan (SD~SLTA atau yang setingkat dengan itu).Bagi mahasiswa asing dengan masa pendidikan dasar dan menengah hanya 10 atau 11 tahun seperti yang berlaku di India, Singapore, Malaysia, Filipina dan Mongolia maka harus mengikuti program persiapan di lembaga pendidikan persiapan masuk universitas yang telah ditentukan MEXT.  Setelah menyelesaikan program tsb bisa memperoleh kualifikasi untuk mengikuti ujian masuk ke lembaga pendidikan tinggi di Jepang.

Tetapi ketentuan tsb tidak berlaku bagi siswa asing yang ingin mempelajari Bahasa Jepang saja tanpa berniat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Siswa asing tsb cukup memilih kursus umum atau jenis kursus lainnya di lembaga pendidikan Bahasa Jepang yang telah diakui oleh Association for the Promotion of Japanese Language Education (APJLE) tanpa perlu mengikuti “Program Pendidikan Persiapan Masuk Universitas” di lembaga yang telah ditentukan. Namun pastikan persyaratan penerimaan dsb langsung ke lembaga tsb karena kemungkinan ada syarat-syarat khusus yang diminta pihak sekolah tsb.

Seleksi masuk umumnya dilakukan melalui seleksi dokumen, di samping itu banyak yang melakukan wawancara pada siswa (termasuk penjamin), melakukan test kemampuan akademis dan ada pula yang meminta penjamin atau penghubung siswa. Adapun dokumen yang diminta umumnya terdiri dari :

a) Formulir pendaftaran
b) Transkip Nilai
c) Ijazah Pendidikan Terakhir
d) Surat Rekomendasi
e) Bukti Kemampuan Finansial
f) Surat keterangan kesehatan
g) Biaya pendaftaran (kira-kira 30.000 Yen)
h) Dokumen lain perihal penjamin #
i) Wawancara Penjamin#
j) Ujian lokal di Indonesia#

# Bila diperlukan

Konfirmasikan langsung ke lembaga yang diminati karena dokumen yang harus diajukan ke setiap lembaga mungkin berbeda-beda.Setelah menerima semua dokumen tsb, pihak sekolah akan mengirimkan pemberitahuan hasil seleksi kepada pelamar dan pihak sekolah akan memproses pelamaran visa untuk calon siswa ( pelamar ).

top


WAKTU PENDAFTARAN

Secara umum kursus dengan lama belajar 1 atau 2 tahun dimulai pada bulan April sedangkan kursus dengan lama belajar 1,5 tahun dimulai pada bulan Oktober. Batas waktu pendaftaran di setiap sekolah berbeda-beda tetapi umumnya sekitar bulan Oktober~Desember untuk kursus yang dimulai pada bulan April dan sekitar bulan April ~ Juni untuk kursus yang dimulai pada bulan Oktober. Ada pula kursus yang dimulai pada bulan Juli dan Januari meskipun jumlahnya sangat sedikit.
Dengan mempertimbangkan waktu untuk mendapatkan formulir pendaftaran, persiapan dokumen, pengiriman, dsb maka keseluruhan persiapan sebaiknya harus sudah dilakukan minimal 6~8 bulan sebelum perkuliahan dimulai.

top


DAFTAR LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG

Daftar Lembaga Pendidikan bahasa Jepang bisa dilihat diwebsite Association for the Promotion of Japanese Language Education. Daftar lembaga pendidikan bahasa jepang ini diperbaharui setiap 3 tahun.

Home

 
Copyright © 2005 | Jasso Indonesia. All rights reserved